Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Masyarakat Nelayan Lampung Selatan Gelar Acara Ruwat Laut Sekaligus Silaturahmi Rukun Nelayan

28/12/2022

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Masyarakat nelayan Kabupaten Lampung Selatan menggelar acara ruwat laut sekaligus silaturahmi rukun nelayan Kabupaten Lampung Selatan, sebagai wujud rasa syukur terhadap hasil tangkapan ikan yang melimpah, dan keselamatan para nelayan saat melaut.

Sebanyak 29 rukun nelayan dari tujuh Kecamatan pesisir di Lampung Selatan hadir pada acara yang berlangsung di PPI Dermaga Bom Kalianda. Selain doa bersama dan ceramah kegiatan juga diisi dengan penyerahan bantuan perahu ketinting dan bantuan BLT BBM bagi nelayan, Rabu (28/12/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Selatan Dwi Jatmiko saat menyampaikan sambutan. Ia menerangkan, bantuan yang diserahkan berupa bantuan perahu ketinting berkapasitas 5 GT sebanyak 12 unit kepada nelayan di lima kecamatan dan 1000 BLT BBM bagi masyarakat nelayan tidak mampu.

“Bantuan-bantuan yang diterima oleh teman-teman nelayan berupa bantuan perahu ketinting 12 unit, untuk nelayan Kecamatan Kalianda, Rajabasa, Ketapang, Bakauheni, dan Sidomulyo,” terang Dwi Jatmiko.

Ia menyebut, selain bantuan perahu masyarakat nelayan juga mendapatkan BLT BBM senilai 900 ribu rupiah untuk 1000 nelayan tidak mampu, sebagai upaya menanggulangi dampak inflasi di Kabupaten Lampung Selatan.

“Kita mendapat anggaran untuk membantu nelayan dalam bentuk BLT BBM untuk 1000 orang nelayan yang kurang mampu dengan jumlah bantuannya 900 ribu perorang,” terangnya.

Acara yang dihimpun anggota Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Lampung Selatan itu dihadiri langsung oleh Bupati Lampung Selatan, turut dihadiri para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, nelayan, dan undangan terkait.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan menyambut baik kegiatan Ruwat Laut kembali dilakukan. Bupati Nanang mengaku, dengan berkumpulnya masyarakat nelayan di acara ini, tentunya akan semakin menguatkan jalinan silaturahmi dan menambah kerukunan nelayan di Kabupaten Lampung Selatan.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Pemerintah sendiri, baik Pusat maupun Daerah telah memberikan perhatian besar terhadap para nelayan. Hal ini dibuktikan dengan bantuan-bantuan yang telah disalurkan guna mendukung kegiatan para nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapannya.

Nanang berpesan, agar bantuan yang diberikan dpat dijaga dan dimanfaatkan dengan baik. “Jaga dan rawat dengan baik, sehingga terjaga kondisinya, dan kepada bapak ibu penerima manfaat Bansos, saya juga berharap BLT ini dapat bermanfaat dan membantu memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” pesan Bupati Lamsel. (Henita)

Last modified: 28/12/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber